29.7.13

Teknik Budidaya Ikan Cupang

Pemijahan Ikan Cupang


Persiapan pemijahan
Tempat pemijahan dapat berupa aquarium, ember plastik, baskom, galon bekas aqua atau tempat lain yang dapat dimanfaatkan. Air yang dipergunakan adalah air yang sudah diendapkan 24 jam. Air harus bersih, bebas dari kotoran dan bau. Bisa air sumur, PAM atau sumber mata air. Air diisi setinggi 15-20 cm.

Seleksi indukan

  • Induk Jantan : sehat, tidak cacat, dari genotip yang baik, ekor mengembang, warna cerah, mengkilat, bentuk badan panjang dan ramping, dasi lebih panjang dan lebar dari betina, umur 5-6 bulan. Ciri-ciri siap pijah: ada garis putih pada insang, warna semakin cerah, gerakan agresif dan mengumpulkan busa untuk menempel telur.
  • Induk betina : sehat, tidak cacat, dari genotip yang baik, ekor mengembang, warna tidak begitu cerah, badan pendek dan gemuk,umur 4-6 bulan, matang gonad. Ciri-ciri siap pijah: Ada garis putih vertikal dibadan dan insang, warna lebih cerah, bagian perut membesar dan lunak bila dipegang, pena berwarna putih dibagian perut lebih menonjol, gerakan pasif.

Pemberian Substrat

Substrat adalah tempat berkumpulnya busa untuk menempelkan telur. Substrat yang biasa dipergunakan adalah tanaman air, daun pisang, daun ketapang kering, daun mangkokan, plastik, styrofoam dan lainnya. Substrat dapat pula tidak dipergunakan sama sekali. Substrat dari tanaman bisa berfungsi lain sebagai tempat bersembunyi burayak sampai bisa berenang.

Pemijahan

Masukan indukan jantan dalam tempat pemijahan sebelum betinanya, Keesokan harinya betina dimasukan dalam tempat pemijahan dalam botol yang lebih kecil, Apabila indukan sudah siap pijah betina dilepaskan. Biasanya keesokan harinya akan terjadi pemijahan, Telur akan ditempelkan kesarang busa oleh kedua indukannya, Setelah pemijahan induk betina diangkat, Induk jantan dibiarkan menjaga telur sampai menetas dan menjaga anaknya.

Pendederan dan Pembesaran
Pendederan dilakukan pada wadah yang lebih besar setelah burayak berumur 3 hari keatas, Tempat pendederan bisa berupa aquarium,bak semen atau plastik. Burayak diberi pakan setelah berumur 3 hari keatas, Pembesaran dapat dilakukan ditempat yang sama, atau apabila populasi padat dapat dipindahkan ketempat yang lebih besar.

Pemanenan
Ikan cupang mulai dapat dipanen pada umur 1.5 - 2 bulan, Pemanenan ikan cupang sekaligus sortir jantan dan betina, Cupang jantan dimasukkan kedalam wadah soliter, satu tempat satu ekor. Cupang betina dapat disatukan dalam satu wadah.

Perawatan
Perawatan cupang sangat tergantung pada kebersihan airnya. Kotoran disiphon setiap hari dan ditambahkan air yang berkurang. Pergantian air secara total dilakukan seminggu sekali. Pemberian pakan sehari dua kali pagi dan sore untuk mencegah kerusakan sirip dan mulut, diantara dua wadah cupang jantan dewasa diberikan sekat penutup agar cupang tidak selalu “ngedok” .







Tidak ada komentar:

Posting Komentar